Tutorial Cara Instal Blog WordPress MU (WPMU)

Untuk cara instalasi wordpress MU (Multi User) ini silahkan buka menu Softaculous, klik pada pilihan Blog >> WordPress MU, kemudian kita akan diminta:

1. Choose domain: menentukan di domain mana wpmu akan di install, kalau hanya satu domain maka akan terpilih domain yang ada secara otomatis.

2. In directory: di folder apa wpmu akan diinstall, kalau ingin ditampilkan di main domain anda maka cukup kosongkan bagian ini, maka wpmu akan diinstall di root domain yaitu pada folder public_html anda dan akan tampil langsung apabila anda mengunjungi alamat domainanda.com.

3. Database name: tentukan nama database, defaultnya terisi dengan nama wpmu, bisa anda ganti sesuka anda.

4. Database settings, pada menu table prefix akan terisi secara otomatis dengan wpmu_ dan bisa anda ganti sesuka anda juga.

5. Site name: tentukan nama site anda, bebas.

6. Site desciption: tentukan deskripsi dari situs anda, bebas.

7. Admin username: akan terisi username admin secara otomatis dan tidak bisa diganti.

8. Admin password: buat password serumit mungkin untuk mengakses admin area

9. Admin email: alamat email untuk admin, isikan dengan alamat email anda.

Kemudian klik tombol Install, apabila berhasil maka akan ditampilkan pesan bahwa wpmu telah sukses diinstall.

Langkah selanjutnya? Sudah selesai, tak ada langkah lagi, berhenti ngoprek dan mulai blogging.

Catatan:

1. WPMU bisa diinstall di semua hosting baik yang shared maupun dedicated atau bahkan gratisan.

2. WPMU bisa diinstall di addon domain, subdomain, maupun subdirectory.

3. Secara default installer softaculous meletakkan blog-blog di subdirectory apabila anda membuat blog baru di wpmu anda. Maksudnya, misal wpmu anda diletakkan di domainanda.com, kemudian anda atau pengguna baru membuat blog dengan nama blogbaru, maka alamat nya akan menjadi: domainanda.com/blogbaru

4. Apabila anda ingin meletakkan multiple blog pada subdomain, maka anda perlu merubah setting vhost pada wp-config.php dari no menjadi yes. Maksudnya seperti pada wordpress.com, apabila anda membuat blog baru maka alamat blog anda akan menjadi: bloganda.wordpress.com, jadi blog diletakkan di subdomain bukan subdirectory sebagaimana setting standar softaculous.

5. Apabila anda mengaktifkan setting vhost, maka anda harus membuat subdomain wildcard di hosting anda, di Cpanel 11 caranya cukup gampang, yaitu dengan membuat subdomain * (asterik), jadi nanti subdomainnya akan menjadi *.domainanda.com. Hosting anda harus mendukung unlimited subdomain sehingga nanti anda bisa membuat subdomain apasaja.domainanda.com tanpa ada batasan.

6. Apabila hosting anda tidak support unlimited domain, maka anda bisa meletakkan multiple blog di subdirectory yang alamatnya akan menjadi domainanda.com/blogbaru.

Apabila …

Wah terlalu banyak apabila! hahaha! Sebenarnya cukup sampai disini anda sudah bisa membuat wordpress multi user.

OK, saya janji ini adalah apabila yang terakhir:

Apabila hosting provider anda tidak menyediakan auto installer Softaculous, maka terpaksa anda harus menginstall wpmu secara manual di situs anda! Puas? hehehehe….

Alhamdulillah saya berhasil menginstall wpmu ini baik dengan autoinstaller softaculous maupun secara manual, saya sih pengen menulis cara instalasi secara manual tapi sekarang sudah malam, jadi kapan-kapan aja yah…

Sebenarnya instalasi wpmu manual tidak beda jauh dengan install manual wordpress single user, bagi anda yang terbiasa install wordpress secara manual harusnya tidak ada masalah. Adapun masalah yang sering timbul dalam instalasi wpmu manual ini biasanya disebabkan karena di situs anda sudah terinstall wordpress sehingga wpmu akan membaca wp-config.php milik wordpress yang sudah terinstall sehingga instalasi wpmu bisa gagal total.

Solusinya sebenarnya cukup mudah, usahakan install wpmu di main domain (bukan addon domain) dan pastikan di folder public_html tidak ada file .htaccess dan wp-config.php, kalau ada silakan dihapus dulu, kalau ternyata kedua file itu ada dan digunakan oleh wordpress lain maka silakan direname dulu baru intall wpmu. Cara instalasi manual yang paling mudah adalah dengan menginstall di domain yang masih bersih, dijamin tingkat keberhasilannya bisa mencapai 99%.
source from : http://purwo.com/2010/01/26/cara-mudah-instalasi-wordpress-multi-user-wpmu-dalam-dua-langkah-menggunakan-softaculous-installer.html

This entry was posted in tutorial wordpress and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Tutorial Cara Instal Blog WordPress MU (WPMU)

  1. globehost.in says:

    Thanks for such great posts.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s